karang nunggal, tasik malaya, tambang zeolith dan mangan

Minggu, 21 November 2010, kami para HMT ITB pergi ke Tasikmalaya, tepatnya ke kecamatan Karangnunggal. Kami akan mengamati dan melihat-lihat tentang pertambangan rakyat.

Pertambangan rakyat

Yang dimaksud dengan pertambangan rakyat adalah suatu usaha pertambangan bahan-bahan galian dari semua golongan a, b dan c seperti yang dimaksud dalam pasal 3 ayat (1) yang dilakukan oleh rakyat setempat secara kecil-kecilan atau secara gotong royong dengan alat-alat sederhana untuk pencaharian sendiri. (UU no 11 tahun 1967 tentang ketentuan-ketentuan pokok pertambangan)

Zeolit

Zeolit adalah senyawa zat kimia alumino-silikat berhidrat dengan kation natrium, kalium dan barium.
Secara umum, Zeolit memiliki melekular sruktur yang unik, dimana atom silikon dikelilingi oleh 4 atom oksigen sehingga membentuk semacam jaringan dengan pola yang teratur. Di beberapa tempat di jaringan ini, atom Silicon digantikan degan atom Aluminium, yang hanya terkoordinasi dengan 3 atom Oksigen. Atom Aluminium ini hanya memiliki muatan 3+, sedangkan Silicon sendiri memiliki muatan 4+. Keberadaan atom Aluminium ini secara keseluruhan akan menyebababkan Zeolit memiliki muatan negatif. Muatan negatif inilah yang menebabkan Zeolit mampu mengikat kation.
Zeolit juga sering disebut sebagai ‘molecular sieve’ / ‘molecular mesh’ (saringan molekuler)karena zeolit memiliki pori-pori berukuran melekuler sehingga mampu memisahkan/menyaring molekul dengan ukuran tertentu.
Zeolit mempunyai beberapa sifat antara lain : mudah melepas air akibat pemanasan, tetapi juga mudah mengikat kembali molekul air dalam udara lembab. Oleh sebab sifatnya tersebut maka zeolit banyak digunakan sebagai bahan pengering. Disamping itu zeolit juga mudah melepas kation dan diganti dengan kation lainnya, misal zeolit melepas natrium dan digantikan dengan mengikat kalsium atau magnesium. Sifat ini pula menyebabkan zeolit dimanfaatkan untuk menjernihkan air. Zeolit dengan ukuran rongga tertentu digunakan pula sebagai katalis untuk mengubah alkohol menjadi hidrokarbon sehingga alkohol dapat digunakan sebagai bensin.

Mangan

Mangan termasuk unsur terbesar yang terkandung dalam kerak bumi. Bijih mangan utama adalah pirolusit dan psilomelan, yang mempunyai komposisi oksida dan terbentuk dalam cebakan sedimenter dan residu. Mangan mempunyai warna abu-abu besi dengan kilap metalik sampai submetalik, kekerasan 2 – 6, berat jenis 4,8, massif, reniform, botriodal, stalaktit, serta kadang-kadang berstruktur fibrous dan radial. Mangan berkomposisi oksida lainnya namun berperan bukan sebagai mineral utama dalam cebakan bijih adalah bauxit, manganit, hausmanit, dan lithiofori, sedangkan yang berkomposisi karbonat adalah rhodokrosit, serta rhodonit yang berkomposisi silika.

Cebakan mangan dapat terjadi dalam beberapa tipe, seperti cebakan hidrotermal, cebakan sedimenter, cebakan yang berasosiasi dengan aliran lava bawah laut, cebakan metamorfosa, cebakan laterit dan akumulasi residu.
Sekitar 90% mangan dunia digunakan untuk tujuan metalurgi, yaitu untuk proses produksi besi-baja, sedangkan penggunaan mangan untuk tujuan non-metalurgi antara lain untuk produksi baterai kering, keramik dan gelas, kimia, dan lain-lain.

Yang lebih penting lagi permasalahan yang ada di daerah pertambangan itu, contohnya begini:

Di daerah penambangan zeolith, karena modalnya kecil dan keuntungan kecil maka yang bekerja hanya 8 orang saja, serta tanpa standard keamanan yang pas, tanpa helm, tanpa sarung tangan. Memang kebanyakan tambang rakyat safety nya sangat kurang. Zeolith yang sudah diambil akan dijual per truck untuk di bakar terlebih dulu agar hasilnya bagus. Baru di jual ke pabrik, di parik dihancurkan menjadi bubuk dan akhirnya menjadi pupuk maupun deterjen…

Untuk pertambangan mangan, tanah di balik-balik agar menemukan mangan dengan backhoe. Ciri-ciri tanhanya berwarna hitam. Setelah mendapatkan mangan, oleh gurandil mangan yang ada di bongkahan tanah tadi di cuci, dan akhirnya mangan terpisah oleh tanah. Itulah kenapa harga mangan sangat murah. Baru di jual kepada penadah. Di tambang mangan ini banyak mafia-mafianya… mafia mangan sampai mafia tanah…

Apakah anda tahu Pak Haji? Mending jadi Pak Haji ato pekerja di perusahaan seperti Freeport atau KPC?

Ya.. segini dulu ya, entar ditambahi lagi…

 

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: