KENMI 2011

KENMI 2011 atau Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia 2011 merupakan kelanjutan dari KENMI 2009, Kalau dahulu kenmi berada di bawah kementrian Proinov kabinet KM ITB, untuk sekarang KENMI berada di bawah asuhan kementrian Kastrad. BEdanya adalah kalau dulu lebih ke menciptakan sesuatu yang baru, kalau sekarang lebih ke menguak kebijakan-kebijakan apa yang harusnya pantas dilakukan dalam masalah Energi.

Isu Utama Kenmi 2011
Merespon pemotongan subsidi energi, tidak seharusnya pemerintahmenaikkan harga energi. Program diversifikasi diharapkan dapat menurunkan ketergantungan pada energi fosil yang mahal. Namun, alih-alih merasakan energi yang murah, masyarakat justru mendapatkan kenaikan energi disetiap tahunnya. Bahkan di awal januari 2011, pemerintah telah menaikkan TDL industri untuk yang kedua kali setelah kenaikan TDL Juli 2010. Begitupun dengan harga BBM, selalu mengalami kenaikan di setiap tahun.

Seara normatif pemikiran yang tertuang dalam Blueprint Energi Nasional sangat ideal dan kontekstual dengan potensi Indonesia. Sayangnya, fakta kenaikan harga energi di atas tidak sejalan dengan logika murahnya energi setelahdiversifikasi mulai dijalankan. Karena itu dibutuhkan suatu kepastian komitmen pemerintah untuk merealisasikan ketersediaan energi yang murah bagi masyarakat.

Output
Mobilitas vertikal (utama)
1. Menolak kenaikan harga energi dan memberi tekanan politik untuk memanfaatkan sebesar-besar potensi untuk mewujudkan energi yang aksesibel (baik secara ekonomi dan keterjangkauan)
2. Mendesak pemerintah untuk segera merealisasikan diversifikasi energi
3. Mempertanyakan kejelasan realisasi diversifikasi energi Indonesia

Mobilitas Horizontal (pendukung)
1. Melakukan gerakan sosial untuk mengadakan energi murah di berbagai pelosok. Sebagai perwujudan kepedulian pada masyarakat, antusiasme keprofesian, dan protes pada kelembaman realisasi energi yang terjangkau.

Selain itu juga, Kenmi akan melahirkan organisasi mahasiswa yang konsern atas energi secara sustanable. Yang di harapkan dapat memberikan inspirasi, menginisiasi serta membuat suatu aksi karya nyata mahasiswa dalam bidang energi.

Mata Acara
A. Lomba Esay Tata Kelola Energi (1-28 Februari 2011)
Esay mengenai pandangan mahasiswa tentang pengelolaan energi nasional. Topik yang diangkat sesuai dengan isu KENMI 2011
Pembatasan Subsidi BBM
Diversifikasi Energi dan Kaitannya dengan Akses Energi yang Murah oleh Masyarakat
B. Seminar (25 dan 26 Maret 2011)
Seminar KENMI 2011 merupakan bagian pembuka dari Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia 2011 yang diikuti oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia. Seminar ini menjadi pembuka wacana bagi peserta konferensi tentang kondisi pengelolaan energi di Indonesia. Semnar ini di isi oleh banyak tokoh energi.

C. Konferensi Mahasiswa (25-27 Maret 2011)
Konferensi merupakan agenda utama dari KENMI 2011.

D. Pembuatan Buku Energi (Februari – Juni 2011)
Pembuatan buku energi merupakan agenda internal KM-ITB dalam rangka meningkatkan keterlibatan seluruh elemen dalam KM-ITB dalam eskalasi isu energi yang digagas di KENM! 2011. Penulis-penulisnya adalah perwakilan dari semua himpunan dan unit kajian di KM-ITB

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: