Tambang 2009 goes to PT Bukit Asam

Wah, ini adalah cerita jalan-jalan tambang 2009 yang dikemas di kuliah kerja di PT. Bukit Asam, inti dari kuliah kerja ini adalah melihat keadaan tambang di PT BA.

Kami berangkat tanggal 10 Januari 2011 pukul 23.00 menggunakan 2 bus. Ketua dari kegiatan ini adalah Sandro H Sirait, terimakasih karena telah berjuang keras agar ekskursi ini dapat berjalan lebih baik. Kami baru pulang atau sampai lagi di Bandung tanggal 14 Januari 2011 pukul 21.00.

Kami mengunjungi 2 site di bukit Asam, 1 site yang di kelola sendiri oleh PT Bukit Asam yaitu tambang airlaya, dan satu site lagi yang dikelola oleh PT. Pama Persada yaitu di muara tiga besar utara. Sebelumnya kami juga berkunjung di pelabuhan tarahan, pelabuhan milik PT. BA yang digunakan untuk shipping batu bara ke luar negri maupun dalam negri.

Mengamati kegiatan di tambang batu bara sangat menyenangkan, bisa melihat alat-alat besar dari dekat dan pengoperasiannya menarik minat saya terhadap tambang batu bara, ini adalah pengalaman pertama saya dan akan saya ingat.

PT Bukit Asam adalah salah satu BUMN yang mengelola batu bara, istilahnya adalah owner, karena dia yang mempunyai izin atas pertambangan batu bara ini, operasi perusahaan hanya di muara enim di palembang, batubara yang dijual sekitar 59, 63, 66 atau sesuai nilai yang di inginkan. Kebanyakan batu bara di jual ke asia, baik china maupun jepang. Hanya beberapa saja dijual ke dalam negri. Kurang tahu DMO perusahaan ini berapa, namun batubara yang dalam negri biasanya di olah di Pembangkit Listrik Mulut Tambang dan baru dijual berupa listrik.

Beda dengan PT Bukit Asam, PT Pama Persada adalah kontraktor, sesuai dengan namanya, PT Pama kerja sesuai kontrak yang diinginkan oleh PT BA. Mereka diberi 1 site yaitu muara tiga besar yang harus merka kerjakan sesuai target dari PT Bukit Asam.

Wah seru sekali ya…. Semoga saya dapat bekerja di perusahaan batu bara, dan membuat perusahaan itu berkembang lebih baik…

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: