Tambang Mangan, Karangnunggal, Tasikmalaya

Kembali kami HMT keprofeian dan Comdev melihat dan survey lokasi tambang mangan yang ada di karangnunggal, Tasikmalaya. Tujuan kami yaitu mengambil data yang lebih akurat, karena rencana kami menjadikan tambang mangan ini sebagai comunity development HMT (blueprint)

Tambang mangan di karang nunggal semakin hari-semakin sepi penambang. Selain karena cadangan mangan yang sudah mulai habis (mangan yang tersisa adalah mangan dengan kadar rendah), juga karena harga jual mangan dari tambang ini yang cukup rendah (600 rupiah per kilogram mangan). Selain itu harga pasar yang lesu (sudah lewat peak season, 2008) serta kondisi cuaca yang semakin tidak menentu (kalo hujan tidak menambang) sangat mempengaaruhi tambang ini.

Di tambang ini semua adalah tambang rakyat. Mereka mendapat izin dari pemerintah, namun ad juga yang ilegal. Karena menurut mereka ilegal dan legal sama saj. Yang legal tidak ada keuntungannya dan yang ilegal juga tidak ada untungnya. Ini permasalahan dari pemerintah, pemerintah tidak pernah datang untuk sosialisasi atau sekedar menghimbau kepada penambang.

Sikap pemerintah disana cukup tidak peduli, terbukti tidak adanya peta sumberdaya atau cadangan mangan dan jarang (tidak pernah) memberikan penyuluhan tentang cara menambang yang baik. Selain itu, pengaturan harga hanya dilakukan oleh pembeli dan penambang, pemerintah tidak ikut campur. Tambang yang sudah selesai pun tidak dihimbau pemerintah untuk direboisasi, warga sendiri yang sukarela mereboisasi lahannya.

Dibutuhkan Koperasi

Secara analisis ekonomi yang dipelajari (walau sedikit), di daerah ini seharusnya ada koperasi mangan yang menjual dari penambang ke konsumen. Koperasi ini berfungsi untuk kekuatan penambang untuk menetukan harga, bukan hanya pembeli saja. Selain itu, koperasi dapat berfungi untuk menstabilkan harga, agar harga tidak terlalu murah.

Perlu Penanganan Serius

Tambang ini perlu perhatian secara serius. Di bidang rehabilitasi lahan terutama, karena lahan tambang yang sudah digali hanya di tinggal begitu saja. Di bidang ekonomi, pengaturan harga mangan, serta sikap dari tengkulak-tengkulak yang tergolong sadis. Selain itu meningkatkan investor di dunia mangan, karena investor disini sangat sedikit dan banyak yang tertipu oleh preman-preman lokal. Perlunya eksplorasi yang lebih dalam dan tajam tentang sumberdaya atau cadangan mangan di daerah ini, karena pemerintah belum punya data mengenai ini.

Banyak yang bisa kita lakukan dalam tambang ini, perlu sedikit usaha saja sebenarnya. Menyempatkan waktu luang dan bersinergi dengan ahli-ahli di bidangnya (ekonomi, hukum, kimia)…

Mari gunakan kekuatan kita sebagai mahasiswa, bukan hanya mengurusi kegiatan kampus saja, tapi mengubah wajah Indonesia, mengubah wajah dunia. Karena kita adalah pemimpin sekarang dan masa depan…

videonya:

http://www.youtube.com/watch?v=maYvydZo0KA

About akutaruna


One response to “Tambang Mangan, Karangnunggal, Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: