Batubara sebagai Bahan Bakar Kemajuan Indonesia (1-3)

Batubara sebagai Bahan Bakar Kemajuan Indonesia

artikel ini ditulis oleh Taruna Fadillah

Mahasiswa S-1 Teknik Pertambangan ITB

Indonesia adalah negara yang mempunyai sumberdaya alam yang melimpah. Salah satu sumberdaya alam itu adalah batubara. Batubara merupakan sumber daya tidak terbarukan dan akan habis di massa depan. Memanfaatkan energi dari batubara yang ada, menjadi maksimal dan optimal adalah tantangan kita. Indonesia telah merdeka hampir selama 66 tahun, tidak membuat Indonesia benar-benar merdeka. Cita-cita menghendaki tercapainya kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, harus segera dan wajib diwujudkan.

Kebijakan pemerintah tentang domestic market obligation yang sangat rendah yaitu sekitar 25 persen batubara dipasok untuk kebutuhan dalam negeri dan 75 persen lainnya dijual ke luar negeri adalah kebijakan yang banyak menuai kritik. Hal ini menyebabkan para pengusaha bingung untuk mencari bahan bakar yang murah dan tepat untuk industrinya. Dikarenakan harga minyak yang naik tajam.

Optimalisasi dan Efisiensi eksploitasi dan penggunaan batubara menjadi solusi dari masalah ini. Penggunaan teknologi baru seperti Geo-coal untuk meningkatkan kadar carbon dalam batu bara Low rank coal adalah salah satu contohnya. Teknologi ini menjadikan batubara yang tidak bisa dipakai menjadi batu bara yang bisa dipakai. Selain itu pembangunan Pembangkit Listrik Mulut Tambang sangat berguna bagi tambang itu sendiri maupun untuk lingkungan sekitarnya. Selain daerah itu mendapat pasokan listrik, perusahaan tambang dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

About akutaruna


4 responses to “Batubara sebagai Bahan Bakar Kemajuan Indonesia (1-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: