Batubara Sebagai Bahan Bakar Kemajuan Indonesia (2-3)

Batubara sebagai Bahan Bakar Kemajuan Indonesia

artikel ini ditulis oleh Taruna Fadillah

Mahasiswa S-1 Teknik Pertambangan ITB

Batubara merupakan sumber daya tidak terbarukan dan akan habis di massa depan. Pertanyaannya adalah bagaimana memanfaatkan energi dari batubara yang ada, menjadi maksimal dan optimal, agar kita dapat memanfaatkannya sebelum habis. Batubara merupakan produsen energi tertinggi di dunia saat ini. Sebagian besar listrik di negara kita berasal dari pembangkit listrik dari batubara, sebagian besar industri juga menggunakan batubara.

Menjadi negara yang telah merdeka hampir selama 66 tahun, tidak membuat Indonesia benar-benar merdeka. Cita-cita yang tertulis di Undang-Undang Dasar 1945 menghendaki tercapainya kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa[1]. Dalam batang tubuhnya negara ini juga menghendaki cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara[2]. Serta bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat[3].

Ini merupakan hal yang sangat fundamental dalam kehidupan negara. Seharusnya rakyat Indonesia sudah mencapai kesejahteraannya. Sumberdaya Indonesia yang berlimpah di sepanjang pulau Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Indonesia bisa menjadi macan asia seperti Jepang, China, Korea Selatan maupun India. Kuncinya adalah bagaimana Indonesia mengoptimalkan sumberdaya yang ada, bukan dipasok atau diekspor ke luar negeri. Batubara Indonesia harusnya menjadi bahan bakar dari Industri dalam negeri.

Kita seharusnya bangga dengan produk dalam negeri. Kita contoh saja Iran, setelah di embargo oleh dunia, Iran menjelma menjadi negara super power yang tidak terkalahkan di dunia. Mobil, pakaian, makanan, maupun senjata merupakan hasil tangan mereka sendiri alias produk dalam negeri. Penduduknya mempunyai semangat untuk maju dari tangan mereka sendiri, bukan dari bantuan negara lain.

Kita harus mandiri energi dan salah satu energi itu berasal dari batubara. Ini adalah tantangan kita untuk mengefisienkan dan mengoptimalkan eksploitasi maupun menggunakan batubara dalam negeri kita. Kita sadar, batubara akan habis dan kita harus mencari energi alternatif pengganti batubara. Tantangan kita adalah bagaimana mengefisienkan dan mengoptimalkan penggunaan batubara agar dapat mengubah negara ini seperti yang dicita-citakan oleh konstitusi kita.


[1] Pembukaan UUD 1945, alinea ke-4

[2] UUD 1945, Pasal 33 ayat 2

[3] UUD 1945, Pasal 33 ayat 3

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: