Konsep Indonesia Masa Depan

Cita-cita gua, Indonesia dengan rakyat yang sejahtera, mandiri dan aman sentosa…

Bahan bakar kemajuan bangsa itu adalah energi untuk menggerakkannya. Energi bangsa Indonesia secara real adalah minyak bumi, gas, batubara, geotherlmal atau apapun itu. Energi Indonesia yang takkan pernah habis dan semestinya harus dipupuk adalah pemuda yang mempunyai semangat untuk membangun negaranya.

Sekarang kita akan ngomongin tentang kemajuan bangsa ini, modal yang dipunyai dan gimana caranya. Tentu saja ini hanya mimpi gua, yang mencoba membayangkan majunya Indonesia, rakyatnya yang sejahtera, hidup aman dan sehat sentosa.

Energi

Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang sangat melimpah, mulai dari barang tambangnya ataupun minyak, kayu, yang reneable atau yang non renewable. Nah, Indonesia tu punya yang namanya Geothermal, Batubara dan minyak bumi. Kenapa cuman tiga ini? Karena menurut gua ini yang paling gede dan ngefek buat nasional. Kita bahas satu-satu tentang ini semua.

Geothermal, atau sering disebut panasbumi  adalah panas yang keluar dari bumi. Manusia biasanya memanfaatkan entalpi yang ada dari peristiwa tersebut. Nah, panas bumi ini biasanya disebabkan karena ada vulkanisme di daerah sekitarnya. Makanya kita sering nemuin panas bumi disekitar gunung berapi.

Mulai dari pemandian air panas (exp. Ciater, bandung), pengeringan kopi atau daun teh (exp. Pengalengan, Bandung) samapai pembangkit listrik. Hal-hal kayak gitu tadi, adalah contoh-contoh penggunaan panas bumi.

Nah, karena kita ngomongin negara ini, maka kita akan jatuh pada geothermal sebagai pembangkit listrik panas bumi. Konsep simplenya tu begini, geothermal tu kan pasti panas, nah kita kasih air tu panasnya. Lama kelamaan airnya bakal panas and pasti bakal nguap, nah uap itu yang bakal muter turbin yang bakal jadiin listrik. Denger-denger Indonesia tu punya potensi yang gede buat energi yang satu ini, dan yang pasti energi ini masih bisa dibilang energi yang paling bersih diantara yang lain.

Sekarang kita bahas batubara, batubara Indonesia tu cadanganya cuman kecil. Udah cadangan kecil, kualitasnya pun masih batubara muda, yang artinya kalorinya masih rendah. Tapi gagpapa, yang penting tambang batubara di Indonesia banyak. Ada KPC, ada Adaro ada Arutmin, lumayan banyak dan besar-besar.

Nah, sekarang kita bahas tentang minyak bumi. Minyak bumi di Indonesia juga tidak diragukan lagi keberadaan dan kualitasnya. Kita punya lapangan minyak bumi Chevron di Duri, di ambalat, di Cepu dan masih banyak lagi… Pokoknya banyak, mulai dari yang dikelola swasta, pemerintah, multinasional maupun yang perusahaan patungan.

Nah, biar Indonesia bisa maju, semua sumber energi diatas mesti kita kuasai sendiri dan buat negara kita sendiri. Kalau kita tidak bisa menguasainya, paling tidak, semua energi di atas dijual cuman buat negara kita. Tujuannya biar kita mandiri energi tidak kekurangan enrgi buat sekarang besok atau masa depan. Karena semua energi tadi hampir bersifat non-renewable, sudah semestinya kita mesti mengoptimalisasi serta menjaganya agar tetap lestari.

Pendapatan Daerah dan Negara

Sebenenya gua belum menghitung secara pasti gimana benernya. Tapi dengan prinsip orang yang berada didaerah sumber daya alam adalah orang yang seharusnya menikmati sumberdaya alam tersebut. Sepertinya fair kalo kita bagi 50%-50%. 50% buat pemerintah pusat, dan 50% lagi buat pemerintah daerah.

Kenapa mesti dibagi dua? Simple saja, alasan pertama, orang yang berada di daerah sumberdaya alam adalah orang yang harusnya menikmati sumberdaya alam tersebut. Yang gua takutkan adalah kalo nanti daerah itu cemburu, barangnya diambil terus tapi daerahnya kekurangan uang. Itu repot kalo daerah itu bisa minta pemekaran wilayah, mendirikan kabupaten baru, provinsi baru atau yang paling gua takutin disini kalo mbentuk negara baru. Karena merasa gag adil, bisa saja merka menuntut buat bikin negara baru.

Makanya, secara simplenya sih dibagi dua sama rata. Biar pemerintah pusat punya duit buat ngejalanin negaranya, and pemerintah daerah punya duit buat naikin derajat ekonomi daerah tersebut.

Buat Negara Sendiri

Kita mesti mendirikan pembangkit listrik atau industri-industri besar. Dimana pembangkit listrik itu pasti akan merangsang buat orang bikin pabrik. Kenapa, karena pabrik butuh listrik. Kalo udah ada listrik, berarti pabriknya bisa berdiri…

Nah, makanya, batubara, geothermal n minyak tadi dipake buat menghidupi negaranya sendiri. Paling tidak, batubaranya digunakan buat mbikin pabrik (bahan bakar), geothermalnya buat listriknya n minyaknya buat tranportasinya.

Nah peran industri, atau pabrik, sangat penting. Selain menyerap tenaga kerja, juga menambah kewibawaan negara. Industri yang mesti dibangun itu adalah industry metalurgi pengelolalan logam (smelter). Kenapa begitu? Karena smelter kita masih sedikit. Kalo smelter kita udah banya n bagus, kita bisa minta Freeport buat ngejualnya ke Indonesia, gag boleh dibawa keluar negeri. Jadinya kita gag dibodoh-bodohi terus.

Selain smelter pengelolaan emas, logam lain juga perlu. Semua jenis logam. Nah industri yang perlu dibangun, apa lagi selain itu? Industri mobil sama pesawat terbang. Kenapa mobil n pesawat terbang? Karena itu bukti kepintaran dan kecerdasan negara. Disitu teknik-teknik di comprehensivekan. Mulai teknik fisika, industry, kimia, material, mesin, penerbangan atau bahkan lingkungan. Nah hanya ahli-ahli saja yang bisa bikin pabrik-pabrik seperti itu.

Kalo industri tadi udah jalan (mobil, pesawat sama metalurgi), gua yakin, pasti kita jadi negara yang bener-bener super power. Semua bahan baku ada di Indonesia, kalo indutri ini jadi, kita ngejualnya dalam bentuk mobil, bukan bahan mentah kayak sekarang. Coba bayangkan dan analogi simplenya saja. Misalkan mobil itu beratnya 1500 kg (inova), anggep aja itu semua alumunium. Kalo alumunium mentah dijual dengan berat segitu, harganya cuman 3000 dolar amerika. Kalo dijual mobilnya harganya 33000 dolar. Berati naik 11 kalinya. Gila kan???

Harapan Gua

Gua cuman berharap, semua kekayaan Indonesia ini mesti dinikmati ama seluruh warga Indonesia. Gag cuman orang-orang kaya, tapi semuanya. Gua masih optimis kalo sebenernya kita itu bisa buat ngelakuin ini. Memperbaiki Indonesia, berbuat bersama…

Kalo lu mahasiswa, belajar yang bener ama ikut kegiatan yang bener biat soft ama hard skillnya lu dapet. Cita-cita atau harapan gua ini gag bakal terwujud kalo pikiran kita gag comprehensive. Pikiran kita mesti comprehensive, mandiri n percaya diri. Jangan pernah lupa itu. And terakhir, Kalo kita ngelakuin sesuatu, kita mesti ngelakuin itu sebaik-baiknya, semaksimal dan seoptimal mungkin…

Dan yang lebih penting, kita mesti selalu memberikan karya terbaik, bagi masyarakat, bangsa dan negara…

Taruna Fadillah

CaMenteri ESDM

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: