Sumber Daya Alam itu bisa menjadi berkah atau musibah.

Sumber daya alam seperti mineral dan batubara dapat diklasifikasikan menjadi 2 konsep. Konsep pertama, yaitu sumber daya alam sebagai blessing, bisa terjadi apabila sumber daya alam tersebut dimanfaatkan dengan baik. Konsep kedua, adalah sumber daya alam sebagai curse, terjadi apabila sumber daya alam tidak dimanfaatkan dengan baik. Sumber daya alam di Indonesia saat ini masih termasuk dalam konsep blessing, namun mulai menjurus ke arah curse. Hal ini akibat tidak adanya kebijakan yang tepat dalam mengelola industri pertambangan.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dalam industri pertambangan yang mungkin akan terus berlanjut. Peran pemerintah yang sangat dibutuhkan saat ini adalah adanya kebijakan yang mengatur mineral dan batubara yang dapat diaktualisasikan untuk proteksi sumber daya alam Indonesia. Kontrol dari pemerintah sangat diperlukan pula dalam produksi mineral dan batubara Indonesia agar manfaatnya dapat dirasakan lebih lama bagi bangsa Indonesia.

Tambang harus memberikan efek pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada lingkungan dimana tambang tersebut berada, atau negara pada umumnya. Efek ekonomi dari suatu tambang harus dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Efek ekonomi suatu tambang harus dapat dirasakan oleh masyarakat lokal, menumbuhkan geliat ekonomi di hilir tambang, serta pendapatan royalti yang diberikan kepada pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur di daerah tersebut, seperti rumah sakit, jalan dan sekolah.

 
CIMG4206

 

About akutaruna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: